Inilah 5 Tingkat Gelar Kebangsawanan Inggris !

Gambar : Sir Alex Ferguson ( manajer MU )

Putri dari Pangeran Michael of Kent, sepupu Ratu Inggris, Lady Gabriella Windsor (29), dan Ladies Marina (18) dan Amelia (15).

DARI 1.900 undangan yang akan hadir pada hari pernikahan pangeran William dan Kate Middleton pada Jumat ini, kelompok bangsawan Inggris merupakan yang terbesar. Siapa saja kelompok aristokrasi Inggris itu dan apa gelar serta sebutan khusus untuk mereka?

Duke/Duchess

Duke merupakan gelar tertinggi dari lima tingkat gelar dalam kebangsawanan Inggris. Jika seorang duke juga merupakan anggota angkatan bersenjata, pendeta atau duta besar, pangkat atau jabatan mereka mendahului gelar kebangsawanannya. Misalnya, "Major-General Duke of ...". Istri dari seorang duke selalu disebut duchess, atau Duchess X ketika diperkenalkan. Dalam dokumen legal, para duke itu disebut sebagai Most Noble William Edward Duke of X.

Marquess/Marchioness

Gelar kedua setelah duke adalah marquess/marchioness. Sebuatan lord atau lady merupakan sapaan yang benar buat mereka. Saat ini ada 34 marquess di Inggris Raya. Marquess terkemuka Inggris adalah Marquess of Winchester, gelar yang diberikan tahun 1551 (meskipun ia sesungguhnya tinggal di Afrika Selatan). Sementara marquess terkemuka di Skotlandia adalah Marquess of Huntly (diberikan tahun 1599).

Earl/Count atau Countess

Earl/count atau countess menempati peringkat ketiga dalam gelar kebangsawanan. Gelar itu sudah ada sejak zaman Raja Canute (abad 10). Saat ini ada 191 earl (tidak termasuk Earl of Wessex, Pangeran Edward) dan courtesy earldoms, serta empat countess. Earl terkemuka Inggris dan Irlandia adalah Earl of Shrewsbury dan Waterford (saat ini Charles Henry John Benediktus Crofton Chetwynd Chetwynd-Talbot). Sapaan untuk kelompok ini cukup disebut lord atau lady.

Viscount/Viscountess

Viscount/Viscountess disebut sebagai lord ketimbang Viscount X. Gelar ini berasal dari kantor seorang count, sebuah pangkat yang telah menjadi warisan dari awal abad 10. Ini juga digunakan untuk sheriff sebuah wilayah. Di Inggris gelar itu pertama kali tercatat tahun 1440, dalam Perang Seratus Tahun setelah Raja Henry VI dinobatkan sebagai raja Inggris dan Perancis. Dia ingin mengonsolidasikan gelar kedua negara itu, dan menggelari John Lord Beaumont sebagai Viscount Beaumont di Inggris dan Viscount Beaumont di Perancis.

Baron/Baroness

Baron/Baroness merupakan peringakat terakhir dalam gelar kebangsawanan Inggris. Kata itu dalam Bahasa Perancis Tua berarti "orang bebas". Pada abad 13 para baron dipanggil oleh raja untuk menghadiri sidang Penasehat atau Parlemen. Baron pertama yang secara resmi diberi gelar adalah John Beauchamp de Holt.

Ia menjadi Baron Kidderminster dan gelar itu diberikan oleh Raja Richard II tahun 1387. Sapaan bagi seorang baron cukup sebagai lord. Sorang baroness disebut lady. Gelar baron atau baroness hanya digunakan dalam dokumen-dokumen hukum atau formal.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Belajar Bahasa Inggris