Fatal Akibatnya Bila Terlalu Banyak Minum Softdrink !

Nikmat dan menyegarkan, begitulah sensasi yang kita rasakan saat kita meneguk minuman berkarbonasi yang lazim disebut soft drink. Bahkan banyak orang yang ketagihan minuman ini sehingga mereka minum setiap saat. Tapi tahukan anda jika soft drink sangat berbahaya jika dikonsumsi terlalu sering?

Soft drink dapat menimbulkan karies pada gigi. Dari analisis tahun 1971 – 1974 didapatkan korelasi kuat antara minum soda dengan masalah karies gigi. Menurut para peneliti Soft drink merusak permukaan gigi, mungkin disebabkan oleh gula maupun faktor lain seperti PH/keasaman yang terkandung didalamnya. Dan minuman ini sangat disukai oleh anak anak.sebagai orang tua, pengontrolan pada anak anak akan sangat berguna bagi kesehatannya.

Obesitas
Penelitian terbaru ditemukan bahwa Soft drink menyebabkan overweight. Minuman bersoda mempunyai kalori yang tinggi, dimana berasal dari gulayang terkandung didalam setiap kemasan soft drink. Dalam minuman soft drink berukuran 300 ml misalnya, paling tidak mengandung kalori yang setaraa dengan 7 – 9 sendok makan gula. Padahal kebutuhan kalori normal hanyalah 2 – 3 sendok makan gula perhari. Tingkat obesitas meningkat sejalan dengan meningkatnya konsumsi soft drink. Obesitas akan meningkatkan resiko penyakit diabetes dan kardiovaskuler. Minum soft drink segelas sehari akan meningkatkan resiko diabetes 85%.

Tulang dan Osteoporosis
Osteoporosis terjadi karena asupan kalsium yang kurang. Kekurangan kalsium pada tubuh dikarenakan mengkonsumsi soft drink. Dengan soft drink, kalsium didalam tubuh akan dinetralisir atau hilang karena tingkat keasaman minuman berkarbonasi antara 2.5 sampai 3.5.sedangkan tingkat keasaman dalam tubuh kita yaitu antara 6.9 hingga 7.4. sangat jauh selisihnya.

Ginjal
Mengapa Soft drink berpengaruh juga terhadap ginjal?? Hal ini diakibatkan tindak lanjut dari kandungan kalsium dalam tubuh kita yang dinetralisir oleh PH yang terlalu asam. Sehingga kalsium dari Gigi dan tulang akan menumpuk pada ginjal sehingga lama kelamaan akan mengkristal dan memicu terjadinya gagal ginjal.

Bagaimana halnya dengan soft drink dengan nama soda diet??agar minuman soft drink terasa lebih enak, biasanya produsen menambahkan gula atau pemanis. Standart yang digunakan adalah pemanis dari gula tebu ( sukrosa ), sedangkan pada minuman soft drinksoda diet menggunakan pemanis sintesis berupa aspartam atau sukrosa. Orang menyebutnya gula diet.
Padahal justru soda diet tersebut meningkatkan nafsu makan, rasa manis pada soda diet akan mimicu keinginan untuk terus makan makanan yang manis lebih banyak dan ujung ujungnya kalori yang diasup akan meningkat.

Belum lagi ada bahan bahan pengawet dalam minuman soft drink seperti sodium benzoat, zat pewarna dan perasa yang kebanyakan buak dari alam tetapi sintesis.
Kegunaan Soft drink

1. Membersihkan toilet

Tuangkan sekaleng soft drink dan tunggu 1 jam, kemudian siram hingga bersih. Asam sitric dalam soft drink
akan menghilangkan noda noda pada keramic.

1. Membersihkan karburator mesin

Campur sekaleng soft drink kedalam karburator. Panaskan15 – 30 menit. Dinginkan mesin dan buang air karburator. Maka anda akan melihat karat yang rontok bersama air.

1. menghilangkan titik titik karat dari bumper mobil

Gosok bumper dengan gunpalan alumunium foil yang direndam dg soft drink.

1. Membersihkan korosi dari terminal aki mobil.
2. Melonggarkan baut baut yang berkarat
3. Menghilangkan noda noda lemak pada pakaian

Contoh mengenaskan

1. Beberapa bulan lalu, ada sebuah kompetisi di new delhi: siapa dapat minum coca cola paling banyak?? Pemenangnya meminum 8 botol dan mati seketika karena kelebihan karbondioksida dalam darah dan kekurangan oksigen. Setelah itu rektor melarang minuman soft drink disemua kantin sekolah.

2. Seseorang menaruh gigi patah dalam botol pepsi dan dalam 10 hari gigi tersebut melarut. Padahal gigi dan tulang merupakan organ yang sangat kuat dan tetap utuh sampai kita mati nanti.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...