Cara Praktis Mengurangi Kecanduan Kopi !

Merasa kecanduan kopi? Hati-hati, di balik beberapa manfaatnya, kopi juga mengandung risiko bagi kesehatan. Sebuah penelitian misalnya, menyatakan perempuan yang minum lebih dari empat gelas kopi sehari berisiko memotong kesuburannya hingga 25 persen. Nah, berikut ini beberapa cara untuk mengurangi asupan kopi, tanpa membuat hari-hari Anda jadi tak bersemangat.

- Pilih hari tanpa kopi. Pilih satu hari dalam sepekan ketika Anda tidak supersibuk hingga bisa menggantikan jatah waktu kopi dengan tidur siang barang sejenak.

- Setelah itu mulailah mengurangi separuh asupan kopi dalam sehari, yang biasa Anda minum sebelumnya, lalu pantang minum kopi setelah pukul 14.00.

- Ganti kopi pagi hari dengan teh hijau, yang meski juga mengandung kafein tapi dosisnya sangat rendah dan sangat tinggi kadar antioksidannya.

- Suka minuman berkarbonasi? Ganti dengan soda biasa yang dicampur dengan perasan lemon atau jus buah segar.

- Tingkatkan asupan vitamin B, seperti dari bayam atau sereal gandum utuh, untuk mendongkrak energi yang biasanya Anda dapatkan dari kafein.

- Hati-hati terhadap kafein yang bersembunyi di produk minuman energi, es krim, atau cokelat. Cari sumber energi lain, misalnya dengan berolahraga.

- Minum banyak air putih untuk menggelontorkan kafein dari sistem tubuh Anda dan mengurangi sakit kepala serta sembelit.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...