Inilah 10 Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Terbesar di Dunia !


10.PLTN atau Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir di Wintersburg, Arizona, Amerika Serikat.


PLTN ini adalah yang terbesar yang dimiliki oleh negara adikuasa Amerika Serikat. PLTN yang terletak di Wintersburg, Arizona ini, mampu menyuplai 3.942 MWe [ MegaWatt electric ]. Fasilitas terbesar di Amerika Serikat ini memiliki reaktor yang bisa menghasilkan energi masing – masing 1.311, 1.314 dan 1.317 MWe. Besaran energi yang cukup, untuk membantu suplai energi listrik di negara tersebut.
09. PLTN atau Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir di Ohi, Fukui, Jepang.

Wilayah Ohi, Fukui, Jepang memang hanya memiliki populasi penduduk yang cukup sedikit, yakni hanya sekitar 10.000 penduduk. Namun jumlah tersebut sangat berbanding terbalik dengan jumlah energi yang bisa dihasilkan dari wilayah mereka. Empat reaktor air bertekanan sangat besar mampu manghasilkan 1.180 MWe [ dua reaktor ], dan 1.175 MWe [ dua reaktor lainya ] atau, total PLTN ini mampu menghasilkan 4.494 MWe. Denga energi sebesar itu, maka reaktor yang dioperasikan oleh Kansai Electric Power Company berhak menduduki peringkat sembilan di dalam list 10 besar PLTN atau pembangkit listrik tenaga nuklir di dunia.


08. PLTN atau Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir di Bruce County, Ontario, Kanada.


Inverhuron dan Tiverton, Ontario, berlokasi di Bruce County tepi danau Huron. Sebuah tempat yang berpopulasi sektar 1.000 penduduk lebih yang bersama – sama membagi energi dari Bruce Nuclear Generating Station, sebuah PLTN terbesar yang berada di Amerika Utara. Bruce Nuclear Generating Station memanfaatkan 6 reaktor [ sebenarnya meraka memiliki 8 reaktor , namun 2 diantaranya dimatikan untuk jangka panjang ] buatan sendiri, bertekanan tinggi, dan heavy-water (CANada Deuterium Uranium) reaktor yang menghasilkan energi yang berkisar dari 730 MWe hingga 817 MWe [ Total 4,963 MWe ] yang akhirnya menempatkan reaktor ini berada di peringkat ke delapan di dalam list saya ini.

07. PLTN atau Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir di Cattenom, Lorraine, Perancis.


PLTN di wilayah Cattenom, Lorraine, Perancis ini memiliki 4 buah reaktor air bertekanan besar yang masing – masing mampu menghasilkan energi sebesar 1.300 MWe dengan total output energi sebesar 5.200 MWe. Dengan daya energi yang cukup besar tersebut, pembangkit listrik tenaga Nuklir ini berhak menduduki posisi ke ketujuh dari list saya ini.

06. PLTN atau Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir di Paluel, Upper Normandy, Perancis.


Saya berharap anda telah terbiasa dengan sebuah wilayah berpopulasi sedikit namun menjadi penghasil energi nuklir terbesar di negara tersebut. Dan PLTN di wilayah Paluel [ sekitar pantai utara Perancis ] ini pun termasuk salah satunya. Dengan populasi yang hanya menyentuh 500 di hari – hari sibuk, 4 reaktor nuklir bertekanan tinggi yang masing – maing mampu menghasilkan energi sebsar 1.330 MWe atau total 5.320 MWe.

05. PLTN atau Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir di Nord, Perancis.
Satu lagi Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir yang ada di negara Perancis. PLTN ini memiliki 6 reaktor bertekanan tinggi yang masing – masing mampu menghasilkan energi sebesar 910 MWe. PLTN ini berada tidak jauh dari wilayah yang berpenduduk padat Calais. Dengan total uotput energi sebesar 5.460 MWe, menjadikan PLTN ini yang terbesar di Perancis, sebuah negara yang terkenal dengan penelitian nuklirnya serta rumah bagi lebih dari 50 reaktor nasional yang mereka miliki.

04. PLTN atau Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir di Zaporozhye, Ukraina.
PLTN ini terletak di Sungai Dnieper, Ukraina. PLTN di Sungai Dnieper ini merupakan yang terbesar di daratan Eropa saat ini. PLTN ini memiliki 6 reaktor yang masing – masing mampu menghasilkan energi sebesar 950 MWe, atau total 5.700 MWe. PLTN yang juga dikenal sebagai DniproHES ini merupakan proyek pembangunan bendungan pada awal abad ke-20. Bendungan ini sangat terkenal pada masa Perang Dunia ke II.

03. PLTN atau Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir di Yeonggwang, Korea Selatan.
Dengan 6 buah reaktor air bertekanan tinggi di PLTN ini, menjadikan stasiun energi nuklir ini duduk di posisi 3 besar list PLTN terbesar di dunia. 6 Buah reaktor ini masing – masing mampu menyuplai energi sebesar 947 hingga 997 MWe, atau total bisa menghasilkan 5.875 MWe. Reaktor ini berada sangat dekat pemukiman padat penduduk yaitu wilayah Yeonggwang, Korea Selatan yang berpopulasi sekitar 70.000 jiwa.

02. PLTN atau Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir di Kashiwazaki dan Kariwa, Jepang.
Dengan 7 buah reaktor nuklir bertekanan tinggi, menjadikan PLTN yang berada di Jepang ini menduduki posisi runner up di dalam list PLTN terbesar di dunia kali ini. Tujuh reaktor besar yang berdiri di atas 1,5 mil persegi tanah di Prefektur Niigata, yang terletak di sebelah Laut Jepang ini, mampu menghasilkan total energi 7.965 MWe. Berbeda dengan PLTN lain yang ada di dalam daftar ini, Kashiwazaki-Kariwa menggunakan lima reaktor tradisional air mendidih, bersama dengan dua ABWRs. Pada tahun 2007, situs ini mengalami gempa lepas pantai sebesar 6,6 SR, namun sebagian besar tidak memicu masalah apapun.

01. PLTN atau Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir di Fukhusima I dan II, Jepang.
Dan akhirnya, inilah PLTN terbesar yang ada di dunia, yang ternyata diduki oleh PLTN di Fukushima, Jepang yang salah satunya bermasalah akibat terjangan gempa 9 SR beberapa waktu yang lalu. Sebenarnya ini adalah dua stasiun yang terpisah, namu karena jaraknya hanya sekitar 7 mil saja, maka kedua stasiun ini dijadikan satu saja. 6 buah reaktor yang total mampu menghasilkan 8.814 MWe ini, diyakini telah rusak sparuh inti reaktornya, sehingga menimbulkan ancaman bahaya radiasi bagi wilayah Jepang sendiri, maupun beberapa wilayah negara tetangganya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Belajar Bahasa Inggris