Ilmuwan Temukan Calon Planet Hunian Setelah Bumi !

Para ilmuwan mengklaim bahwa mereka telah menemukan planet berpotensi untuk ditinggali manusia, karena mungkin memiliki air.

Seperti yang dikutip dari TheHindu, para ilmuwan mengatakan bahwa planet eksoplanet tersebut bernama Gliese 581g, berlokasi triliunan kilometer dari Bumi dan mengorbit pada bintang di wilayah sabuk Goldilocks.

Penelitian yang dipublikasikan di Astrophysical Journal, menyatakan bahwa planet itu mungkin menyimpan air di permukaannya.

"Penemuan kami ini menawarkan perumpamaan yang penting untuk kasus planet hunian berpotensi," ujar Steven Vogt, seorang profesor ahli astronomi dan astrofisika dari University of California.

Penemuan itu merupakan hasil kerja keras selama 11 tahun di sekitar bintang kecil Gliese 581, dengan menggunakan spectometer HIRES pada teleskop Keck I, oleh tim dari University of California dengan Carnegie Institution of Washington.

"Ada sekitar dua planet di sekeliling bintang Gliese 581. Sementara planet Gliese 581g memiliki massa sekira empat kali Bumi dan masa orbitnya adalah sekira 37 hari.

Dari massa Gliese 581g, diperkirakan bahwa planet itu memiliki kondisi berbatu, serta gravitasi yang cukup untuk terjadinya atmosfir.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...