Riwayat Lengkap Sang Maestro Steve Jobs !

Pendiri sekaligus Chairman Apple Inc, Steve Jobs meninggal hari ini, 5 Oktober 2011 dalam usia 56 tahun.

Dalam pernyataan singkat, Apple mengumumkan Steve Jobs meninggal tetapi tidak mengatakan di mana dia meninggal. Jobs menderita penyakit yang jarang dari kanker pankreas dan menjalani transplantasi hati pada 2009, dan ia mengundurkan diri sebagai chief executive Apple pada 24 Agustus.

"Kecerdasan, semangat, dan energi yang diberikan Steve menjadi sumber inovasi yang tidak terhitung yang memperkaya dan meningkatkan kehidupan kita semua. Dunia menjadi lebih baik karena Steve Jobs." Demikian pernyataan Apple.

Steven Paul Jobs lahir 24 Februari 1955, di San Francisco dari orang tua yang tidak menikah, namun ia diadopsi oleh Paul dan Clara Jobs.

Ia dibesarkan di pinggiran kota California Utara yang kemudian akan dijuluki "Silicon Valley," dan dia menunjukkan minat awal dalam elektronik dan gadget. Sebagai seorang siswa sekolah tinggi, dia berani bertanya pada William Hewlett, co-founder dan Presiden perusahaan komputer Hewlett-Packard, tentang bagian yang diperlukan untuk menyelesaikan sebuah proyek kelas. Hewlett pun cukup terkesan dan menawarkan dia magang musim panas di Hewlett-Packard.

Steve Jobs mengikuti kelas perkuliahan di Reed College di Portland, Oregon, selama enam bulan sebelum keluar, meskipun setelahnya Jobs terus mampir di kelas selama 18 bulan. Dia bekerja paruh waktu di Atari Computers untuk mengumpulkan uang untuk perjalanan ke India pada musim panas tahun 1974, belajar meditasi dan mencukur kepalanya. Tapi dalam beberapa bulan, dia terkena penyakit disentri dan dipaksa untuk kembali ke Amerika Serikat.

Pada tahun 1975, ia mulai bergaul dengan sekelompok pecinta komputer yang dikenal sebagai Homebrew Computer Club. Wozniak, seorang ahli teknis, sedang berusaha untuk membangun sebuah komputer kecil dan Jobs menjadi terpesona dengan potensinya. Pada 1976, ia dan Wozniak membentuk perusahaan mereka sendiri.

Tidak seperti komputer lain yang dijual secara terpisah (layar, hard drive dan keyboard), Apple I dijual sebagai perangkat all-in-one. Dan perangkat ini dibanderol dengan harga $ 666, hebatnya sekitar 200 perangkat berhasil terjual.

Jobs melihat kesenjangan besar di pasar komputer yang ada, dengan tidak ada produk yang ditargetkan untuk digunakan di rumah. Sementara Wozniak meningkatkan teknologi, Jobs berurusan dengan investor dan pembiayaan bank. Komputer pun didesain ulang - "Apple II" - keluar pada tahun 1977, dan dengan mengesankan meraih penjualan tahun pertama sebesar $ 2,7 juta.

Sebagai pengusaha berusia 21 tahun yang putus-kuliah, Jobs telah berhasil membuat Apple mendapatkan jutaan dolar dalam kurun waktu lima tahun. Namun ia dipaksa keluar dari perusahaannya sendiri pada saat ia berumur 30. Surat pengunduran diri Steve Jobs sempat Paseban muat dalam kolom news.

"Dipecat dari Apple adalah kejadian terbaik yang pernah bisa terjadi padaku," kata Jobs. "Beban berat sebagai orang sukses tergantikan oleh keleluasaan sebagai pemula lagi, kurang yakin tentang segalanya. Hal itu mengantarkan saya untuk memasuki salah satu periode paling kreatif dalam hidup saya. "

Kemudian ia mulai perusahaan komputer lain, ia pun menciptakan teknologi World Wide Web. Jobs juga mengambil alih sebuah perusahaan animasi komputer dan menjadikannya peraih Academy Award Pixar, pembuat "Toy Story"dan "Finding Nemo." Akhirnya ia kembali ke Apple di usia 40-an, mengembalikan perusahaan untuk profitabilitas dan menjadi pemimpin dalam inovasi.

Meskipun gaji Steve Jobs adalah $ 1 per tahun, opsi saham membuat dia kaya. Kekayaannya diperkirakan menjadi $ 5.400.000.000 oleh majalah Forbes pada tahun 2008 survei dari orang-orang terkaya di dunia.

Steve Jobs merupakan seorang pencetak ide-ide original yang membantu menciptakan Macintosh, salah satu komputer paling berpengaruh di dunia, Jobs juga menciptakan kembali pemutar musik portabel dengan iPod, meluncurkan metode penjualan music online secara legal pertama dengan iTunes, dan merubah pasar ponsel dengan iPhone. Pengenalan iPad juga menjadi lompatan pasar elektronik dalam mengenal tablet yang sekarang mendominasi.

Dia juga memulai sebuah rantai toko ritel dan mendorong konsumen menjauh dari ketergantungan mereka pada disket dan CD. Memperhitungkan kemungkinan orang akan bersedia membayar harga premium untuk produk penuh kreativitas, Jobs jenius untuk memahami kebutuhan konsumen sebelum mereka menyadarinya.

"Mac atau PC?" Menjadi salah satu pertanyaan mendefinisikan akhir abad 20, dan meskipun Apple hanya menjual 5 persen saja dari semua komputer di era itu, pengguna Mac dipastikan pengguna yang fanatik.

Dikenal dalam komunitas teknologi untuk temperamennya kompleks dan agresif, Jobs adalah seorang manusia biasa. Pada bulan Juni 2005 di Universitas Stanford, ia berbicara tentang kanker pankreas nya, yang didiagnosis pada tahun 2004, dalam sebuah video yang menjadi sensasi internet. Banyak spekulasi atas kesehatannya pada pertengahan 2008, ketika dia tampil di depan umum dan tampak kurus. Hingga pada akhir 2008, ia mengambil cuti medis dari perusahaan, dan ia menjalani transplantasi hati pada tahun berikutnya.

Pada bulan Januari, dia mengambil cuti medis lain. Pada 24 Agustus ia mengundurkan diri sebagai chief executive Apple, tetapi menjadi Chairman. Harga saham Apple langsung turun 5 persen ketika itu karena Jobs begitu terhubung dengan perusahaan, tetapi harga saham rebound keesokan harinya. "Harga saham akan lebih baik jika Steve Jobs menjalankan perusahaan dari penjara dari pada Steve Jobs tidak menjadi CEO," kata seorang analis saham majalah Fortune pada awal tahun 2011 mengibaratkan.

Sebagai ucapan duka cita atas meninggalnya Steve Jobs, situs apple.com pun memasang foto hitam putih Steve Jobs. Di sampingnya tertulis Steve Jobs 1955-2011. Karya-karya fenomenal dan produk terbaik Apple di bawah kepemimpinan Steve Jobs tentu tak akan dilupakan dan entah Apple tanpa Steve seperti apa pada nantinya.

Steve Jobs meninggalkan seorang istri Laurene Powell, seorang putri dari hubungan sebelumnya, Lisa Brennan-Jobs, tiga anak dari pernikahannya, Hawa Jobs, Erin Sienna Jobs dan Paul Reed Jobs, dan dua saudara perempuan, Mona Simpson dan Patti Jobs.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...